R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

1 Tahun Kepemimpinan Eva Dwiana – Deddy Amrullah, Sederet Program Pembangunan Telah Dilakukan


BANDARLAMPUNG – Kepemimpinan Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana dan Wakil Walikota Bandarlampung, Deddy Amrullah telah genap 1 tahun, sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu. Dalan konferensi pers yang digelar di Restoran Golden Dragon, pada Selasa (1/3), Walikota Eva Dwiana mengaku telah banyak melakukan pembangunan di Kota Tapis Berseri ini.

Salah satunya, program Gerebek Sungai, yang telah berhasil mengurangi bencana banjir di wilayah Bandarlampung, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dalam paparannya, Eva mengatakan capaian program normalisasi sungai atau grebek sungai yang dinilai sudah berhasil mengurangi banjir di Bandar Lampung. “Alhamdulillah dampaknya luar biasa, titik banjir di Bandar Lampung sudah sangat berkurang,” kata Eva Dwiana.

Sepanjang tahun 2021 telah dilaksanakan normalisasi sungai-sungai di Kota Bandar Lampung dengan melakukan kegiatan pembersihan dan pengerukan sampah dan sedimentasi, serta pembangunan talud atau bronjong. Pelaksanaan grebek sungai dilakukan secara bertahap dan untuk tahun 2021 total sungai yang sudah dinormalisasi adalah sepanjang 10 km.

Langkah selanjutnya, dalam mengatasi permasalahan-permasalahan banjir, Pemkot Bandar Lampung juga akan memperbaiki drainase yang ada. “Dan kalau genangan di jalan biasa itu memang masih ada. Mudah-mudahan dengan kita lakukan perbaikan drainase tidak ada lagi genangan-genangan di jalan,” lanjutnya.

Pada program lainnya, Bunda Eva sapaan akrabnya mengaku telah melakukan penanganan Covid -19 dengan mempercepat vaksinasi, baik vaksinasi tersentral maupun vaksinasi dengan cara door to door. “Sekarang tinggal 2 persen lagi warga yang belum di vaksin, Bunda minta yang belum vaksin bisa mendatangi puskesmas terdekat, ” Beber dia.

Peningkatan fasilitas pendidikan juga terus dilakukan, meskipun saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran daring, karena kasus Covid-19 saat ini sedang meningkat. Tapi Bunda menjamin untuk kenaikan kelas semua siswa SD dan SMP di bawah Pemkot Bandarlampung.

Pemberian beasiswa kepada Guru dan ASN, bahkan Dokter juga kita beri beasiswa. ” Kalau untuk dokter kita kasih syarat khusus jika disekolahkan dengan mewajibkan mengabdi untuk Pemkot Bandarlampung selama 10 tahun, ” Tukas dia.

Pada bidang Infrastruktur, Bunda Eva mengaku, secara bertahap akan memperbaiki semua drainase yang ada di Bandarlampung. Dan akan menambah Fly Over di simpang Urip Sumoharjo, yang saat ini proses pengajuan bantuan ke pemerintah bpusat.

”Sekarang lagi proses lelang, tapi kalau masyarakat ada masukan tentang jalan rusak, bisa langsung ke Instagram Bunda, karena Bunda selalu serap aspirasi melalu media sosial, ” Papar dia.

Selain itu, tahun ini Pemkot akan membangun gedung 10 lantai, yang difokuskan sebagai gedung pelayanan publik. “Jadi semua pelayanan nantinya terfokus pada satu gedung, ” Singkatnya.

Program pengembangan agamais, Pemkot memberikan santunan kepada semua masjid pada pelaksanaan hari besar keagamaan, memberikan bantuan pondok pesantren, panti asuhan dan program umroh, “Untuk Umroh tetap kita laksanakan, namun saat ini belum berjalan karena pandemi Covid-19. Kita mau semua jamaah umroh sehat semua,” Jelas dia.

Untuk peningkatan UMKM, Pemkot telah menjalankan program pinjaman tanpa bunga, yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. “Selain UMKM, kita juga akan mendirikan Rumah Sakit khusus Jantung dan Otak, yang akan di bangun oleh Kementi BUMN, ” Tambah dia.

Terakhir, semua Fly Over akan di percantik, dengan memberikan warna-warni dan berbagai gambar. “Ruko-ruko di jalan protokol juga, akan kita berikan warna- warna dengan pengecatan, ” Tutur dia. (*)
Related Posts

Related Posts