-->
R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Polda Lampung Terjunkan 446 Personel Amankan Gereja


Bandarlampung - Polda Lampung menerjunkan 446 personil serta melibatkan TNI dan Pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan pengamanan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya umat Kristiani yang  melaksanakan ibadah pada Perayaan Jumat Agung dan Paskah di wilayah hukum Polda Lampung, Jumat (15/04/2022).


Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan, perlibatan TNI dan Pemda dalam kegiatan pengamanan ini sebagai bentuk sinergitas 3 Pilar TNI-Polri-Pemda.


"Pengamanan ini dimulai dari menyusun rencana pengamanan dan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan dilanjutkan dengan mapping kerawanan kamtibmas khususnya terkait Perayaan Jumat Agung dan Paskah serta mendeteksi kelompok radikal, eks nara pidana teroris dan kelompok intoleran," ujarnya.


Koordinasi dengan pimpinan persekutuan gereja juga dilakukan Polda Lampung terkait pengamanan yang akan dilaksanakan personil Polri di gereja-gereja yang akan melaksanakan giat ibadah, selain itu juga dilaksanakan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk dilibatkan dalam kegiatan pengamanan.


Mantan Ajudan Kapolri ini juga menyampaikan, Polda Lampung akan melakukan sterilisasi sebelum kegiatan dimulai dengan cara melakukan pemeriksaan barang bawaan dan parkir kendaraan serta menempatkan kendaraan taktis, Water Canon di sejumlah titk rawan dan menempatkan personel dari Gegana dan penjinak bom dari Satuan Brimob Polda Lampung ditambah personel dari Direktorat Sabhara untuk melaksanakan patroli hunting disejumlah titik rawan kejahatan.


"Sedangkan personel dari Direktorat Binmas melaksanakan bimbingan dan penyuluhan (binluh) kepada masyarakat agar tetap tenang dan saling menjaga kamtibmas didaerah tempat tinggal apabila ada pendatang baru yang mencurigakan segera melaporkan ke anggota Bhabinkamtibmas", ujar Pandra.


Pandra menjelaskan, adapun satuan wilayah menerjunkan 1/3 kekuatan untuk mengamankan kegiatan pengamanan ibadah Jumat Agung digereja-gereja yang ada diwilayah Polres masing-masing.


"Nanti dari perwira pengamat wilayah yang terdiri dari Pejabat Utama Polda Lampung akan melakukan monitoring dan assistensi terhadap upaya Polresta dan polres jajaran terkait pemeliharaan kamtibmas dan pencegahan Covid-19 selama libur panjang dalam rangka Peringatan Wafatnya Isa- Almasih dan Perayaan Paskah tahun 2022," pungkasnya.


Diharapkan juga kepada masyarakat, pada saat Perayaan Jumat Agung dan Paskah dimasa pandemi Covid 19 ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan. (gnd/**)

Related Posts

Related Posts