R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Antisipasi Arus Balik, Pelindo Reg 2 Panjang Siapkan 3 Dermaga dan Area Parkir Mencapai 1500 Unit Kendaraan


Bandarlampung - PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Panjang menyatakan siap mendukung program pemerintah mengantisipasi lonjakan penumpang dan atau kendaraan pemudik baik R2 maupun R4 pada arus balik IdulFitri (1443 H) tahun 2022 khususnya dari Pelabuhan Panjang. Hal tersebut dikatakan General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Adi Sugiri melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (4/5/2022).

Lanjut Adi menjelaskan, untuk pelabuhan sendiri dalam hal ini Pelindo Regional 2 Panjang siap mendukung arus balik mudik lebaran dengan menyiapkan fasilitas 3 dermaga. 


"Dermaga A panjang 212 M dengan kedalaman -6 s.d -8 m LWS, Dermaga B panjang 170 M dengan kedalaman -6 s.d -8 mLWS dan Dermaga C panjang 375 M dengan kedalaman -7 s.d -11 mLWS," jelas Adi Sugiri.

Adi juga mengungkapkan berdasarkan informasi dari Kementrian Perhubungan rencananya akan ada 6 kapal tambahan per hari ini tanggal 4 Mei 2022 untuk route Pelabuhan Panjang - Ciwandan. "Pada hari ini telah bertolak kapal KM Ciremai milik PT. Pelni dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan Banten," imbuhnya.

Saat ini Adi meneruskan, Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan jaga dengan pola 24/7 dan area parkir dengan luas yang dapat menampung 1.500 unit kendaraan pemudik, tenda-tenda tempat istirahat para pemudik serta fasilitas pendukung lainnya seperti mushola dan toilet bantuan dari pemerintah daerah setempat.


"Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak kepadatan trafik arus balik akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022," pungkas Adi.

Sebelumnya, Pelindo Regional 2 Panjang terima Kunjungan Kerja sejumlah menteri seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi serta Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto.

Kunjungan kerja tersebut disambut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Subiyanto, Kepala KSOP Kelas 1 Panjang Hendri Ginting serta General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Adi Sugiri. Kunjungan kerja ini dalam rangka pemantauan dan kesiapan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, dimana Pelabuhan Panjang sebagai alternatif rute pelayanan arus balik.  (Ndhst/**)
Related Posts

Related Posts